Belajar Keras, Kerja Ringan

Tuesday 31 October 2017

Konfigurasi Transparent Proxy di Mikrotik RouterBoard

Konfigurasi Transparent Proxy di Mikrotik RouterBoard


Assalamulaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan men-share ilmu saya tentang Konfigurasi Transparent Proxy di Mikrotik RouterBoard, yang pada sebelumnya saya men-share tentang Konfigurasi Web Proxy baik dari sisi Router maupun dari sisi Client, saatnya sekarang untuk mengevaluasi. Pada Pembahasan sebelumnya kan ada suatu kekurangan yang sangat mendalam. Apakah itu???  Yaitu kita harus setting manual di web browser client tersebut. Misalkan 150 PC client, maka kita akan mensetting secara manual di web browser client. Gimana dong?? Pastikannya ribet banget dooong dan memakan banyak waktu, belum juga kalau ada client yang mengubah-ubah IP Proxy gratisan dari internet. Nah untuk mengatasinya yaitu bisa menggunakan cara Konfigurasi Transparent Proxy. Ngomong-ngomong udah tau belum sih apa itu Transparent Proxy?? kalau belum tau saya akan memberitahukannya, Transparent Proxy adalah konfigurasi proxy dimana client yang terhubung ke Proxy tidak harus mensetting browser client. Singkatnya seperti itu. Supaya tidak bingung mari dilihat topologi dibawah ini.


Untuk mengaktifkan Transparent Web Proxy caranya adalah IP >> Firewall >> NAT >> Add


Kemudian kita buat rule seperti ini,di tab General Chain: dstnat Protocol: 6 (tcp) Dst. Port: 80,8080,3128 In. Interface: ether2 .

Ket: untuk In. Interface pilih port yang sesuai yang digunakan oleh client


Lalu di tab Action, Action: redirect To Ports: 3128

Ket: Untuk kolom "To Ports" masukkan port web proxy yang kita buat


Tampilan yang berhasil akan terlihat seperti gambar yang di kotak merahkan.

Selanjutnya Client tidak perlu lagi untuk kita konfigurasi kan IP Proxy di Web Browser client. Secara otomatis akan diarahkan menuju RouterBoard kita.
Oke para Visitor, untuk kali ini cukup dahulu sampai disini.
Wasslamualaikum Wr.Wb.
Share:

1 comment:

rumahjaringanpemula.blogspot.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Me-REDIRECT sebuah Website menggunakan Web Proxy MikroTik

Me-REDIRECT sebuah Website menggunakan Web Proxy MikroTik Assalamualaikum Wr.Wb. Udah pada bosen beluum untuk blokir memblokir pada po...